My Jurney

Long Life Education

Sunday, February 28, 2016

Metode Pemberian Tugas

Sekolah kami merupakan salahsatu sekolah swasta yang ditunjuk menjadi pelaksana kurikulum 13 . Seperti yang sudah kita ketahui ciri khas dari kurikulum 13 adalah penggunaan pendekatan scientific . Dalam konsep pendekatan scientific proses pembelajaran menyentuh tiga ranah yaitu : sikap, pengetahuan dan keterampilan. Harapan nya hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif , kreatif, inovatif dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan.
Sebenarnya secara tersirat mungkin konsep ini sudah lama diketahui dan dilaksanakan dalam dunia pendidikan kita di Indonesia, hanya pada kurikulum 13 ini lebih dipertegas. Oleh sebab itu di sekolah-sekolah pelaksana k 13 ini pola kegiatan pemberian tugas nampak mendominasi kegiatan pembelajaran..
Metode pemberian tugas merupakan salah satu metode yang ingin menerapkan ”learning by doing” dari John Dewey dan merujuk salahsatu filosofi pembelajaran : “Saya mendengar dan saya lupa. Saya melihat dan saya ingat. Saya lakukan dan saya mengerti.“- Confucius
Tugas  di berikan kepada peserta didik secara individu maupun kelompok dimana mereka akan melaksanakannya di dalam maupun di luar kelas dan diluar jam pelajaran. Salah satu contoh pemberian tugas dari guru IPS di sekolah kami adalah membuat power point materi pembelajaran IPS di kelas VIII yaitu materi :Potensi dan Peran Sumber Daya Alam dengan sub materi c.Pengelolaan SDA. Peserta didik mendapat tugas menyajikan  tentang lembaga pengelola SDA. Salah satu karya mereka seperti yang saya upload berikut ini sedangkan beberapa lainnya bisa pemirsa lihat di akun slide share SMP IT Mutiara Irsyady:



No comments: